Pages

Saturday, October 9, 2010

Bapak Perintis Robot

Assalamualaikum,
Bissmillah hirahmanirahim...

Pastinya kalian pernah melihat gambar tersebut bukan?! Iya itu adalah salah satu tokoh/karakter robot yang ada dalam film Transformer garapan sutradara dari Hollywood. Namun kali ini saya itu akan membahas tentang film Transformer ini.

Pernah terpikir secara sepintas dalam otak saya, "Apa mungkin nantinya robot-robot itu akan ada?". Mungkin sebagian kita pernah berkata seperti itu juga. Memang segala sesuatu tidak ada yang tidak mungkin akan terjadi, apalagi hanya sebuah benda yang bernama robot ini. Ditambah lagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam dunia sains dan teknologi yang setiap tahun terus berkembang.

To the point, tau tidak kalian! Ternyata rancangan robot itu sudah ada sejak abad ke 11. Loh kok bisa?! Iya, emang rancangan robot pada saat itu bukan layaknya seperti gambar diatas. Robot disini lebih mirip dengan sebuah benda yang dapat digerakan secara mekanik. Dengan kata lain bergerak dengan bantuan putaran atau dorongan baik itu secara manual (yang dihasilkan dari manusia) atau dari bantuan hidrolik.

Siapa sih yang pertama kali menemukan teori mengenai mekanisme robot ini. Ini nih orangnya...
Beliau bernama Ibnu Ismail Al Jazari, beliau diperkirakan lahir pada (1136 M – 1206 M). Tidak ada data pasti yang menyatakan tanggal, bulan dan tahun berapa beliau dilahirkan. Dalam perjalanan hidupnya, beliau mendapat beberapa julukan yang diberikan oleh para pesohor suatu negeri. Antara lain beliau didaulat dunia sebagai ‘Bapak Teknik Moderen’. Beliau pun diangkat sebagai ‘Bapak Perintis Robot.

Sebenarnya beliau bernama lengkap Al-Shaykh Ra’is Al-A`mal Badi`Al-Zaman Abu Al-`Izz ibn Isma`il ibn Al-Razzaz Al-Jazari. Namanya mengguncang jagad teknologi dunia lewat kitabnya yang fenomenal berjudul Al-Jami `bayn al-`ilm wa ‘l-`amal al-nafi `fi sina `at al-hiya (Ikhtisar dan Panduan Membuat Berbagai Mesin Mekanik).
Pada awal abad ke-13 M, Al-Jazari telah mampu menciptakan robot yang bisa diprogram serta bentuknya mirip manusia (humanoid). Fakta itu sekaligus mematahkan klaim Barat sebelumnya yang menyatakan bahwa Leonardo da Vinci merupakan perintis teknologi robot pertama pada 1478 M. Mesin robot yang diciptakan Al-Jazari berbentuk sebuah perahu yang terapung di sebuah danau yang ditumpangi empat robot pemain musik.
Tidak hanya itu saja hasil karya beliau, masih sangat banyak yang beliau buat dan beliau jadikan sebagai pertanda kemajuan teknologi pada saat itu. Berikut ini adalah sumbangsih Al-Jazari terhadap dunia teknologi modern :
  1. Mekanisme dan Metode
  2. Mesin Engkol
  3. Desain dan Model Konstruksi
  4. Mekanisme Pelepasan dalam Roda Berputar
  5. Kontrol Mekanik
  6. Roda Gigi
  7. Mesin Pemompa Air
  8. Saqiya
  9. Sistem Pemasok Air
  10. Otomatis
  11. Jam
Mungkin sekian dari penjelesan dari diri seorang Al-Jazari.
Alhamdulillah
Wassalamualikum...




0 comments:

Post a Comment

Popular Posts