Pages

Monday, February 7, 2011

Eksploitasi vs Eksplorasi

Bissmillah Hirahmanirahim
Assalamualaikum




Entah dan bingung juga nih tulisan mau dimasukin ke kategori apa! Mungkin isinya cuma cerita-cerita lagi deh, hehehe...:p Soalnya lagi males juga nulis-nulis soal kuliah atau semacamnya. (padahal gk punya ide.hahaha).

Back to the topic...
Kata Bapak Tebe...eh salah! hahaha...Menurut KBBI (Kamus Besar Berbahasa Indonesia) kata Eksplorasi bermakna suatu kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi yang baru. Sedangkan menurut situs wikipedia Eksplorasi, disebut juga penjelajahan atau pencarian, adalah tindakan mencari atau melakukan perjalanan dengan tujuan menemukan sesuatu. Pengertian Eksplorasi di "Abad Informasi dan Spiritual" saat ini, juga meliputi tindakan pencarian akan pengetahuan yang tidak umum atau pencarian akan pengertian metafisika-spiritual. Intinya Eksplorasi adalah mencoba suatu hal yang baru dengan berbagai cara.

Sedangkan Eksploitasi menurut situs wikipedia adalah politik pemanfaatan yang secara sewenang-wenang terlalu berlebihan terhadap sesuatu subyek eksploitasi hanya untuk kepentingan ekonomi semata-mata tanpa mempertimbangan rasa kepatutan, keadilan serta kompensasi kesejahteraan. Intinya Eksploitasi adalah pengerjaan sesuatu pekerjaan dengan berbagai desakan yang dipaksakan.

Namun, saya disini tidak ingin membahas mengenai apa arti dan maksud dari kedua kosakata itu. Disini hanya ingin menulis tentang seberapa jauhnya selama ini saya sudah bekerja dan berusaha, khususnya didunia perkuliahan.

Semester 7, adalah menurut saya semester yang amat dan sangat sibuk (emang disemester2 bawah gk sibuk??? hahaha sama aj kali :D). Selama 6 bulan disemester 7 ini, kedua istilah itu Eksploitasi dan Eksplorasi  selalu mengitar dikepala saya. Entah ini sebuah artian yang baik atau buruk. Dan bukan maksud menjelekkan sesuatu, seseorang atau apapun itu bentuknya. Tapi selama itu saya selalu merasakan sebuah tekanan, yaitu Eksploitasi besar-besaran. Tapi semoga saja ini hanya pemikiran saya pribadi dan sejumlah kebanyakan orang diluar sana tidak berpikir hal yang sama. Tugas menumpuk dengan deadline yang gak begitu lama. Dan lagi-lagi semoga ini hanya pemikiran dari saya seorang...Ditambah lagi dengan ketersediaan dalam berbagai hal yang terbatas (katakan saja kurang memadai gitu :p). Yah begitulah yang saya rasakan di tahun-tahun kemarin. Desakan, paksaan dan mungkin sedikit gertakan (lebay modeon :p). Intinya ruang berkreasi saya terasa amat-amat terbatasi.


Beda halnya jika saya mendapatkan sebuah kesempatan untuk melakukan Eksplorasi apalagi ditambah dengan ketersediaan berbagai hal. Mungkin itu semua hanya mimpi. Memang sih...ini bisa jadi sebuah kekurangan saya pribadi yang masih belum mau mencari-cari hal baru yang bisa saya kerjaan dan dijadikan untuk melakukan Eksplorasi. Yah semoga saja hal ini tidak tercipta dan tidak terwujud murni karena kesalahan saya pribadi :D.


Mencari hal-hal baru dan mencoba hal-hal baru adalah impian semua orang...mungkin...Apalagi semuanya sudah tersedia, baik itu fasilitas atau bahan-bahan yang mungkin bisa dijadikan sumber Kita. Bisakah ini semua...apa hanya mimpi dalam hati???


Duh...mulai capek mikir lagi...Yah pokoknya saya ikhlas kalau misalnya saya bekerja dan aktif dalam bidang yang mungkin jauh dari bidang awal saya dan mungkin bisa lepas dari jurusan yang saya jalanin..."Asalkan saya bisa menjadi seorang Eksplorator mandiri". Tentunya dengan dorongan, semangat dan doa dari keluarga, sabahat, kawan, dan orang tercinta :D.


Terimakasih
Wassalam...


1 comments:

Farid Miftahul Anwar said...

Pengertian eksploitasi masih kurang jelas

Post a Comment

Popular Posts