Pages

Monday, February 14, 2011

Ungkapan Rasa Sayang Versi Klintink

Bissmillah Hirahmanirahim
Assalamualaikum

Wah hari ini tanggal 14 Februari 2011. Mungkin setiap orang mengenal hari ini adalah Hari Kasih Sayang atau biasa disebut Valentine Day. Tapi budaya ini lebih meriah didataran Eropa sana, sedangkan kita yang lebih mengadopsi budaya timur tak mengenal budaya Hari Kasih Sayang. Namun kenyataannya sudah beberapa tahun belakangan sebagian warga Indonesia ikut merayakan budaya ini.

Hehehe...tercatat secara pribadi saya juga pernah merayakannya. Tapi...itu sewaktu saya masih duduk dikelas 3 SD (wow...udah lama yah). Yah, waktu itu saya tidak begitu mengerti apa itu valentine-valentinenan. Dari penjelasan temen sewaktu SD dulu, hari valentine tuh hari kasih sayang (loh...kok saling sayang hanya sehari???). Trus, saya tanya begini "Cara ngerayainnya gmn???". Dan menurut penjelasan temen saya, "Yah...kalo kita yang masih SD tukeran kado aja!". "Trus kadonya apa???". "Yah bisa macem-macem! Kasih cokelat aja yuk!". Yah pada saat itu saya bingkis kado yang isinya cokelat (hahaha...nih cokelat juga bukan saya yang beli, alias dibeliin temen! emang awalnya saya ngga mau ikut-ikutan budaya itu...MALES ABISIN DUIT :D). 

Wah baru denger nih ada hari dimana Kita harus tukeran kado, emang sih tradisi ini ada didaerah Madiun sana (tempat mamaku dulu). Didaerah Madiun dulu juga ada tradisi tukeran kado, tapi tidak pas tanggal 14 Februari melainkan sebelum perayaan Idul Fitri. Tapi kado yang dituker bukan boneka atau barang-barang "penenang" (cokelat), melainkan kue-kue Idul Fitri (hasil buatan sendiri para ibu-ibu disana ^_^).

Yah menurut saya pribadi tidak penting mau ikut atau tidak akan budaya ini. Dan tidak penting mempermasalahkan atau sampai memusuhi orang-orang yang ikut merayakannya. So...disini saya ingin berbagi bagaimana cara "Mengungkapkan Rasa Sayang" versi pribadi loh! hihihi...
  1. Setiap silaturahmi/bertemu/menyapa coba selalu sapa orang yang Anda sayangi (cewek/cowok) dengan salam Assalamualaikum plus dengan senyuman (sebab ucapan salam bermakna saling mendoakan, ditambah dengan dihadiahi senyuman manis :p).
  2. Sebut/ucapkan nama orang yang Anda sayangi (cewek/cowok) disetiap doa Kalian (sehabis solat atau dalam doa-doa sehari-hari).
  3. Selalu berbagi hal-hal yang menarik (seperti sharing soal ayat-ayat yang menarik).
  4. Selalu niatkan dalam diri Kalian untuk beribadah (berdasarkan ketentuan agama masing-masing, JANGAN PERNAH BERDASARKAN NAFSU), jika ingin menemui/silaturahmi dengan orang yang Anda sayangi (cewek/cowok).
  5. Selalu ingatkan orang yang Anda sayangi (cewek/cowok), apabila ada kesalahan dalam dirinya (seperti salah dalam berpakaian). Awali dengan ucapan "Astagfirullah".
  6. Ingatkan orang yang Anda sayangi (cewek/cowok) untuk selalu mengutamakan ibadah disetiap Kalian sedang bersama-sama. Mengingatkan (atau kasarnya teguran) akan membuat orang yang Anda sayangi tau akan tingkat rasa sayang Kita kepada dirinya. (so...kalo ditegur pahitnya dikritik jangan marah yaaa...^_^)
  7. Selalu berfikir positif ketika Anda sedang bersama dengan orang yang Anda sayangi (cewek/cowok). Sikap saling memahami antara satu sama lain adalah kunci tingkat rasa sayang Kita pada orang-orang yang Anda sayangi.
Hehehe...7 poin aja dulu deh, bingung apa lagi yang harus ditulis :p. Inti dari sikap/perilaku Kita diatas adalah "menghadiahi sesuatu yang berwujud memang terlihat menyenangkan...TAPI menghadiahi sesuatu yang bermakna jauh lebih membahagiakan". Dan yang paling penting rasa sayang jangan ditujukan hanya satu hari saja. Apalagi harus dengan menghabiskan banyak uang untuk itu semua (hehehe...bukan maksud pelit loh!). 
*dari semua poin diatas blum pernah saya praktekan, hihihi...hanya poin-poin tertentu yang sudah.(ternyata sulit :D).

Mungkin itu yang baru bisa saya sampaikan (sharing pagi ini...:D). Pokoknya saling memahami, saling mengingatkan, saling mendoakan dan saling salam adalah hadiah yang palign terindah dalam kehidupan manusia. So...tetap tersenyum dan tatap masa depan yang cerah...jangan jojoran dimasa muda hehehe :).

~HAPPY MAULID~
Terimakasih
Wassalamualaikum 
 


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts